Kisah tentang mereka

Post ini tidak ada hubungannya dengan game programming. (move on).

Saya senang sekali dengan kisah- kisah, dalam kisah atau cerita dapat ditemukan cerminan bagi diri saya. Bagi saya cerita adalah pengalaman yang dituangkan dalam suatu karya tertulis atau pun lisan yang mempunyai hikmah atau pengertian yang berbeda-beda bagi setiap orang. Beberapa tahun yang lalu saya tidak begitu suka dengan kisah-kisah jaman dahulu, saya lebih suka membaca novel seperti lord of the ring, chicken soup for the soul, dan tulisan terbaru lainnya. Lalu hadirlah sebuah tayangan televisi di channel ANTV yaitu Mahabarata, sebuah acara televisi dari India yang mengkisahkan tentang epic Mahabarata, suatu cerita epic Hindu yang disusun ribuan tahun lalu (cmiw). Sebelumnya saya sudah pernah nonton Mahabarata di youtube namun masih menggunakan bahasa India tanpa subtitel, maka saat itu saya mulai mencari tahu cerita original dari Mahabarata ini.

Mungkin karena saat saya masih anak kecil, saya sering menonton acara india di TPI, mungkin karena teman saya ada yang beragam. Saya terkadang menonton acara televisi tanpa peduli acara itu apa, film india yang actor nya selalu ada saja menari dan bernyanyi dengan inspektur vijay yang selalu saja datang terlambat setelah acara mau selesai :D, atau acara film vampire china yang menggunakan baju kerajaan jaman dulu bergerak melompat-lompat dan mencari mangsa yang bernapas walaupun ada suatu film vampire yang ketika actor nya kentut vampire nya langsung menyerang (vampire juga bisa kesel :D). Dengan acara tersebut membuat saya yang masih kecil menerima dengan baik berbagai macam budaya yang ada di desa kecil saya, Lembang. Terkadang ada teman yang bercerita tentang suatu film yang belum pernah saya tonton (mungkin film saya tidak tahu), nama lakon atau hero seperti yang terkenal arjuna, liu bei (yang ini dari game), gatotkaca, mak lampir dengan ajian rawa rontek nya, dan sebagainya. Ada juga kisah para nabi yang meskipun saya masih bocah ingusan, saya tidak terlalu percaya, tapi kisah mereka sangat menakjubkan.

Bayangkan saya saat itu adalah seorang anak kecil suka sekali dengan pahlawan dengan kekuatan super Power Ranger dengan robotnya, Jiban yang mirip Robocop (robocop ftw), Superman yang bisa membalikan rotasi bumi (versi india :D), X-Men, Herkules yang bisa mengalahkan Hydra, Xena yang bisa membunuh Dewa, sun go kong, son goku dan lainnya. Jadi saya cukup imajinatif saat itu, dengan kisah para nabi, yang bisa membelah lautan, menghidupkan orang mati, mengalahkan raksasa, berbicara dengan jin dan binatang, dan lainnya sangat membangunkan daya imajinasi saya.

Jadi sebagai referensi, saya akan mengumpulkan kisah-kisah jaman dahulu seperti Kisah Para Nabi, Untuk Mahabarata cakupannya sangat luas jadi mungkin hanya sekedarnya saja, kisah yang saya kumpulkan adalah yang saya baca. Untuk Romance of Three Kingdom ini saya liat ada bukunya digramedia 3 biji segede gaban 😀 (ups bahasanya mulai melenceng), lalu saya pernah baca bahasannya di thread dalam forum kaskus tapi sudah lama sekali, saya lupa yang mana thread nya.

Saya yakin banyak situs web lain yang lebih lengkap.

Kisah Para Nabi dalam Islam

25-nabi-dan-rasul

kisah25nabi.blogspot.com (full cerita, tanpa rujukan ayat).

www.islamawareness.net (Ibnu Katsir, dengan rujukan ayat, English).

ilmutama.wordpress.com (full cerita, dengan rujukan ayat, bahasa indonesia, PDF)

Kisah Mahabarata

Mahabarata_by_dezygn

versi India

kaskus : sakradeva (penjelasan versi, belum lengkap) karena ini forum bisa sambil tanya-tanya.

Kisah Romance of Three Kingdom, Sanguo Zhi (?)

3kingdoms

kongming.net/novel/ (Related games, downloadable novel di navigasi sebelah kanan bagian literature, English)

kisah inspiratif. Liu Bei, Cao Cao, sama satu lagi lupa. Intrik dan strategi, Zhuge Liang. sayang saya lupa threadnya.

Kisah Indonesia

kebanyakan dari lisan, jadi lupa-lupa ingat, ingat-ingat lupa. seperti lupa namanya siapa, kesaktiannya nembus bumi, sudah mati bisa idup lagi, sudah dicincang bisa utuh lagi, terbang tapi mainstream, ngomong sesuatu jadi kenyataan, berubah jadi macan tapi bukan iklan dan seterusnya. saya ga masukin ya kisah seperti maling kondang, tangkuban parahu dan lainnya, karena ini cerita rakyat, dan banyak cerita yang masuk ke bahasan supranatural (sumbernya bukan ceritanya) jadi tidak saya masukan ke kumpulan kisah ini.

Saya pernah baca thread menarik yang menyangkut tentang pembangunan candi borobudur sebagai “kitab suci” dalam bentuk 3D alias bangunan. TS nya bermaksud meluruskan “sejarah” kontroversial bangunan candi borobudur. Juga kisah epic dari bugis sayang kisah ini naskah asli nya ada dibelanda namanya la galigo, i would like to think it is for better reason.  Mau saya masukan tapi saya belum pernah membaca nya dan saya tidak tahu yang mana yang awal yang mana yang akhir yang mana yang lengkap, coba googling, banyak juga tapi saya tidak tahu mulai darimana.

post ini mungkin di update tapi kemungkinan besar juga tidak 😀

Leave a comment