OctoberCMS : Installing

Language : Bahasa

Cara install OctoberCMS. Apa itu october cms? cms yang lahir pada bulan oktober 2013 menyerupai oktopus bertentakel dan ikeh ikeh kimochi. Cucu Symphony,  anak Laravel.

  1. Buka website OctoberCMS
  2. Download installer nya
  3. klo udah punya xampp simpen di htdocs dan extract

udah?

  1. jalankan apache dan xampp
  2. buat database kosong terserah loe dagh namanya ap. mariadb = mysql gpp kok masih temenan. yg lain jg bisa kek sql server dll cek website ah rese.
  3. buka localhost/nama_folder_installan_octobercms/install.php
  4. ikuti wizard nya, mudah2an yang baca udah lulus toefl

belum? gpp gua jg grammar nya pake bahasa german

abis ikutin wizard setting database, pilih theme, installan udah kelar karena pake koneksi mifi 4g atau nyipet koneksi ke temen kosan, temen loe yg bayar internet loe yg numpang nge net. *eh

  1. jgn lupa hapus folder install ap gtu dan install.php nya

udah selesai sekian installasi octobercms, tapi wajit koneksi ke internet.

Advertisements

Visual C# dan Sql Server – connecting

  1. install visual studio 2017, i used community version (i installed this, for my the love of bandwidth i cried…)
  2. install the .net desktop develop and data storage and processing
  3. and dont forget what ever you chose as SQL Server. I used Sql Server 2008 R2.

if you are like me, downloading these on 2mb bandwidth it would take a while,,, savor your pain like sparta.

this is the tutorial link. https://o7planning.org/en/10511/connecting-to-sql-server-database-using-csharp.

seriously, you think i would write a tutorial? you have been misled! (okay i will when times allows me. for backup reference)

Mikrotik – Cara Block Situs Porno dan Facebook

Lazy guy note : tutorial lengkap ada di blog orang (Thank You!), jadi disini hanya post ke link nya saja dan penjelasan singkat.

  1. buka mikrotik
  2. download list rule layer7 protocol file bokep.rsc dari blog mbah neufarion
  3. pada mikrotik (winbox), klik tab file , drag and drop bokep.rsc ke dalam windows file
  4. buka terminal (winbox), ketik import file-name=bokep.rsc
  5. selanjutnya liat tutorial juragan neufarion

nb: klo ga males nanti diedit lagi

neufarion : blokir situs

mikrotikindo : block facebook

Unity Engine 2D : Moving Objects Recipe

Menggerakkan Benda dalam unity, dengan asumsi sudah mengetahui fungsi basic unity, interface, membuat gameobject, script, axis, Start, Update.

  • Create gameobject quad, rename dengan nama “Player”
  • Create C# Script, beri nama “Player”

Drag and drop script Player ke gameobject Player, klik dua kali script agar muncul di script editor.
Untuk menggerakan object kita gunakan transform.Translate(Vector3 translation, Space relativeTo = Space.Self);
Kita butuh variable Vector3 untuk menggerakan object Player. Sedangkan Space secara default, relative terhadap world axis jadi bisa dikosongkan.

Vector3 nextPosition;

void Start() {
nextPosition = new Vector3(10,0,0);
}

void Update() {

transform.Translate(nextPosition * Time.deltaTime);
}

kode diatas akan memindahkan object ke posisi vector (x,y,z) = vector (10,0,0);
coba ubah nilai/value posisi x, y, z. agar lebih dipahami 🙂
dengan mengutak-atik kita lebih cepat paham loh.

kode diatas hanya akan memindahkan keposisi tertentu.
sekarang kita coba untuk menggunakan input untuk menggerakkan benda.

Kita gunakan Input.GetAxisRaw() untuk mendapatkan input dari key.

Vector3 nextPosition;
void Start() {
}

void Update() {
float horizontal = Input.GetAxisRaw("Horizontal");
float vertical = Input.GetAxisRaw("Vertical");

nextPosition = new Vector3(horizontal,vertical,0);
transform.Translate(nextPosition * Time.deltaTime)
}

dengan kode diatas sekarang kita bisa menggerakan benda secara default dengan key WASD atau direction key.
sekian untuk bahasan moving object, next time kita bahas speed dan velocity atau yang lainnya.

terima kasih.

-Ikhsan-

Kisah tentang mereka

Post ini tidak ada hubungannya dengan game programming. (move on).

Saya senang sekali dengan kisah- kisah, dalam kisah atau cerita dapat ditemukan cerminan bagi diri saya. Bagi saya cerita adalah pengalaman yang dituangkan dalam suatu karya tertulis atau pun lisan yang mempunyai hikmah atau pengertian yang berbeda-beda bagi setiap orang. Beberapa tahun yang lalu saya tidak begitu suka dengan kisah-kisah jaman dahulu, saya lebih suka membaca novel seperti lord of the ring, chicken soup for the soul, dan tulisan terbaru lainnya. Lalu hadirlah sebuah tayangan televisi di channel ANTV yaitu Mahabarata, sebuah acara televisi dari India yang mengkisahkan tentang epic Mahabarata, suatu cerita epic Hindu yang disusun ribuan tahun lalu (cmiw). Sebelumnya saya sudah pernah nonton Mahabarata di youtube namun masih menggunakan bahasa India tanpa subtitel, maka saat itu saya mulai mencari tahu cerita original dari Mahabarata ini.

Mungkin karena saat saya masih anak kecil, saya sering menonton acara india di TPI, mungkin karena teman saya ada yang beragam. Saya terkadang menonton acara televisi tanpa peduli acara itu apa, film india yang actor nya selalu ada saja menari dan bernyanyi dengan inspektur vijay yang selalu saja datang terlambat setelah acara mau selesai :D, atau acara film vampire china yang menggunakan baju kerajaan jaman dulu bergerak melompat-lompat dan mencari mangsa yang bernapas walaupun ada suatu film vampire yang ketika actor nya kentut vampire nya langsung menyerang (vampire juga bisa kesel :D). Dengan acara tersebut membuat saya yang masih kecil menerima dengan baik berbagai macam budaya yang ada di desa kecil saya, Lembang. Terkadang ada teman yang bercerita tentang suatu film yang belum pernah saya tonton (mungkin film saya tidak tahu), nama lakon atau hero seperti yang terkenal arjuna, liu bei (yang ini dari game), gatotkaca, mak lampir dengan ajian rawa rontek nya, dan sebagainya. Ada juga kisah para nabi yang meskipun saya masih bocah ingusan, saya tidak terlalu percaya, tapi kisah mereka sangat menakjubkan.

Bayangkan saya saat itu adalah seorang anak kecil suka sekali dengan pahlawan dengan kekuatan super Power Ranger dengan robotnya, Jiban yang mirip Robocop (robocop ftw), Superman yang bisa membalikan rotasi bumi (versi india :D), X-Men, Herkules yang bisa mengalahkan Hydra, Xena yang bisa membunuh Dewa, sun go kong, son goku dan lainnya. Jadi saya cukup imajinatif saat itu, dengan kisah para nabi, yang bisa membelah lautan, menghidupkan orang mati, mengalahkan raksasa, berbicara dengan jin dan binatang, dan lainnya sangat membangunkan daya imajinasi saya.

Jadi sebagai referensi, saya akan mengumpulkan kisah-kisah jaman dahulu seperti Kisah Para Nabi, Untuk Mahabarata cakupannya sangat luas jadi mungkin hanya sekedarnya saja, kisah yang saya kumpulkan adalah yang saya baca. Untuk Romance of Three Kingdom ini saya liat ada bukunya digramedia 3 biji segede gaban 😀 (ups bahasanya mulai melenceng), lalu saya pernah baca bahasannya di thread dalam forum kaskus tapi sudah lama sekali, saya lupa yang mana thread nya.

Saya yakin banyak situs web lain yang lebih lengkap.

Kisah Para Nabi dalam Islam

25-nabi-dan-rasul

kisah25nabi.blogspot.com (full cerita, tanpa rujukan ayat).

www.islamawareness.net (Ibnu Katsir, dengan rujukan ayat, English).

ilmutama.wordpress.com (full cerita, dengan rujukan ayat, bahasa indonesia, PDF)

Kisah Mahabarata

Mahabarata_by_dezygn

versi India

kaskus : sakradeva (penjelasan versi, belum lengkap) karena ini forum bisa sambil tanya-tanya.

Kisah Romance of Three Kingdom, Sanguo Zhi (?)

3kingdoms

kongming.net/novel/ (Related games, downloadable novel di navigasi sebelah kanan bagian literature, English)

kisah inspiratif. Liu Bei, Cao Cao, sama satu lagi lupa. Intrik dan strategi, Zhuge Liang. sayang saya lupa threadnya.

Kisah Indonesia

kebanyakan dari lisan, jadi lupa-lupa ingat, ingat-ingat lupa. seperti lupa namanya siapa, kesaktiannya nembus bumi, sudah mati bisa idup lagi, sudah dicincang bisa utuh lagi, terbang tapi mainstream, ngomong sesuatu jadi kenyataan, berubah jadi macan tapi bukan iklan dan seterusnya. saya ga masukin ya kisah seperti maling kondang, tangkuban parahu dan lainnya, karena ini cerita rakyat, dan banyak cerita yang masuk ke bahasan supranatural (sumbernya bukan ceritanya) jadi tidak saya masukan ke kumpulan kisah ini.

Saya pernah baca thread menarik yang menyangkut tentang pembangunan candi borobudur sebagai “kitab suci” dalam bentuk 3D alias bangunan. TS nya bermaksud meluruskan “sejarah” kontroversial bangunan candi borobudur. Juga kisah epic dari bugis sayang kisah ini naskah asli nya ada dibelanda namanya la galigo, i would like to think it is for better reason.  Mau saya masukan tapi saya belum pernah membaca nya dan saya tidak tahu yang mana yang awal yang mana yang akhir yang mana yang lengkap, coba googling, banyak juga tapi saya tidak tahu mulai darimana.

post ini mungkin di update tapi kemungkinan besar juga tidak 😀